Arti dan Sejarah Logo Liverpool

Liverpool adalah nama klub sepak bola profesional dari Britania Raya yang didirikan pada tahun 1892. Saat ini klub ini berhasil bersaing di Premier League, memiliki Stadion Anfield sebagai markasnya.

Berikut arti dan sejarah logo Liverpool. Logo Liverpool pertama kali disebutkan oleh seorang komentator olahraga pada musim gugur tahun 1892 ketika tim memainkan musim pertamanya. Menurut laporan tersebut, bendera menampilkan “huruf L.F.A. yang ditutupi oleh burung lever.”

Arti dan Sejarah Logo Liverpool

Menurut sejarah resmi logo yang disediakan oleh tim di situs webnya, logo Liverpool pertama kali adalah replika dari lambang resmi kota asalnya, Liverpool. Di sini, Anda bisa melihat Neptunus, dewa Romawi laut, dan Triton, yang merupakan utusan laut dalam mitologi Yunani.

Di antara mereka, ada dua ekor cormorant, atau burung liver, motif yang sangat populer dalam sistem heraldik kota Liverpool, salah satu simbol yang paling dikenal. Baik Triton maupun Neptunus memegang bendera. Ada sebuah banner dengan teks Latin yang dapat diterjemahkan sebagai “Tuhan telah memberikan kemudahan ini kepada kami.”

1892 – 1950

Logo Liverpool 1892 Logo Liverpool yang pertama menggambarkan lambang resmi kota Liverpool, tanah air tim. Ini adalah komposisi merah dan putih dengan dua dewa Yunani — Neptunus dan Triton, ditempatkan di sisi dari spanduk yang terorientasi vertikal dengan gambar elegan dan indah dari dua burung lever. Namaplat klub ditempatkan di bawah gambar tersebut, ditulis di pita melengkung.

1940-an – 1980

Pada akhir 1940-an, ada juga lambang lain yang menampilkan burung lever di dalam bentuk perisai. Burung itu memegang ganggang laut di paruhnya. Lambang tersebut tidak mencapai status logo resmi. Namun, itu bertahan selama beberapa dekade – terakhir kali digunakan pada awal tahun 1980-an.

1950 – 1955

Logo Liverpool 1950 Redesain tahun 1950 memperkenalkan versi yang disederhanakan dari identitas visual Liverpool — hanya lambang Ted dalam garis putih dengan gambar burung lever putih di atasnya.

Tidak ada ornamen, pita, dan tulisan di sini, hanya simbol grafis utama klub, dalam palet warna ikonik mereka.

1955 – 1968

Pada tahun 1955, logo digambar ulang lagi, dan bentuk lambang logo Liverpool digantikan oleh oval yang bersih dan rapi dengan orientasi vertikal.

Baca Juga:  Arti Logo PSM Makassar: Kebanggaan, Sepak Bola, Keamanan, Kemenangan, dan Sejarah Panjang

Warna latar belakang diubah menjadi putih, dan bingkai merah diimbangi dengan gambar merah elegan dari burung lever dan tulisan “L. F. C.” di bawahnya dalam huruf tanpa huruf.

1968 – 1987

Logo Liverpool 1968 Garis-garis burung diperhalus dan dimodernisasi pada tahun 1968, dan bingkai oval dihapus dari lambang pada tahun yang sama. Palet warnanya sedikit ditingkatkan dan sekarang klub mulai menggunakan nuansa merah yang lebih terang, yang dekat dengan merah jambu.

1987 – 1992

Pada tahun 1987, Liverpool kembali ke merah yang lebih gelap, dan komposisi lambang yang lebih rumit.

Versi baru menampilkan siluet merah tua yang tebal dari burung yang ditempatkan di atas lambang segitiga putih dengan garis merah tipis. Lambang itu memiliki dua pita merah tua yang ditempatkan di sepanjang sisi bawahnya, dan berisi tulisan “Liverpool” berwarna putih dalam huruf kapital. Tulisan “Football Club” ditempatkan di bawah lambang pada banner horizontal.

1992 – 1993

Untuk merayakan ulang tahun klub yang ke-100, logo baru diperkenalkan pada tahun 1992 dan tetap bersama klub selama setahun. Ini adalah komposisi yang cerah dan ringan dengan detail hijau dan kuning di sekitar lambang segitiga putih.

Pita kuning dengan tanda tahun “1892 — 1992” berwarna merah ditempatkan di bawah lambang, dan daun hijau yang anggun ditempatkan di atas banner horizontal kuning dengan motto klub “You’ll never walk alone” di atasnya. Lambang utama menampilkan gambar burung lever ikonik yang ditempatkan di bawah banner horizontal merah dengan tulisan “100 years” di atasnya, dan “Liverpool Football Club” merah di bagian atas.

1993 – 1999

Logo Liverpool 1993 Pada tahun 1993, logo yang anggun dari tahun 1992 diperhalus dan digambar ulang dengan garis yang lebih tipis dan bersih. Bagian “100 years” dihapus dari lambang, tetapi semua elemen lain tetap berada di tempat mereka. Di kedua sisi dari lambang, ditambahkan dua gambar api yang stilasi dalam warna merah putih dan hitam. Lambang ini tetap bersama klub selama enam tahun lagi.

Baca Juga:  Arti Logo PSSI, Simbol Pemersatu Sepak Bola Indonesia

1999 – Sekarang

Detail kuning pada lambang heraldik Liverpool diganti dengan yang berwarna hijau pada tahun 1999. Juga ditambahkan beberapa bayangan gradien pada gambar, untuk membuat lambang lebih dinamis dan menunjukkan perubahan dan kemajuan klub sepak bola terkenal dari Britania Raya. Burung lever digambar ulang dengan aksen putih dan mulai terlihat lebih realistis.

2012 – Sekarang

Logo Liverpool Redesain tahun 2012 mengembalikan lambang Liverpool dari tahun 1968, tetapi dalam versi yang dimodifikasi — kontur burung lever merah diperkuat dan dibersihkan, dan tulisan “L. F. C.” di bawahnya sekarang ditempatkan dalam garis lurus dan dieksekusi dalam huruf kapital serif yang elegan dan halus.

2017 – 2018

Logo Liverpool 2017 Pada April 2017, dua lambang FC Liverpool yang diperbarui diperkenalkan. Mereka diciptakan untuk musim bermain 2017/2018, untuk menandai ulang tahun tim. Sebenarnya, mereka tidak banyak berubah, karena setiap elemen berarti tetap berada di tempatnya.

Perisai lengkap terlihat persis seperti pendahulunya, kecuali tanggal “1892” dan “2017,” yang muncul dari kedua sisi. Tanggal pertama adalah tahun ketika klub memainkan pertandingan pertamanya, sementara 2017 adalah tahun peringatan ke-125 klub. Juga, teks “125 years” muncul di bawah perisai.

Versi kedua dari lambang, yang dihiasi di seragam, jauh lebih sederhana. Hanya ada burung (dan itu terlihat hampir persis seperti pada logo utama, kecuali datar) dan tulisan “L.F.C.” (Liverpool Football Club). Mirip dengan logo utama, versi peringatan dari lambang juga mencakup tanggal “1892” dan “2017,” serta tulisan “125 years” di bawahnya.

Itulah Arti dan Sejarah Logo Liverpool yang telah banyak mengalami perubahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA