Arti dan Sejarah Logo Athletic Bilbao

Athletic Bilbao adalah salah satu klub sepak bola Spanyol terkuat, yang didirikan pada tahun 1898 dan berbasis di Bilbao, Basque Country. Klub ini jadi salah satu langganan juara Spanyol.

Arti dan Sejarah Logo Athletic Bilbao. Athletic Bilbao adalah nama klub sepak bola profesional dari Spanyol yang didirikan pada tahun 1898. Klub ini merupakan salah satu dari tiga klub (bersama dengan FC Barcelona dan Real Madrid) yang tidak pernah terdegradasi dari La Liga sejak dibentuknya pada tahun 1929. Athletic Bilbao adalah salah satu klub sepak bola paling berprestasi di Spanyol.

Arti Logo Athletic Bilbao dan Sejarah

Pada akhir abad kesembilan belas, Bilbao adalah salah satu pelabuhan utama Spanyol dan memiliki banyak tambang besi serta galangan kapal. Bilbao juga memiliki banyak imigran dari barat laut Inggris. Mereka yang menanamkan cinta akan sepak bola di kota tersebut. Akibatnya, pada akhir tahun 1890-an, Bilbao Football Club terbentuk berkat usaha para pekerja.

Pada saat yang sama, orang Basque pergi ke Inggris untuk belajar teknik dan perdagangan. Sebagai hasilnya, orang Basque juga menjadi tertarik pada sepak bola dan, setelah kembali ke Bilbao, mulai bermain pertandingan melawan pekerja Inggris.

Pada tahun 1898, siswa dari gymnasium setempat mendirikan Athletic Football Club atau Athletic Club. Kedua klub memutuskan untuk bergabung pada tahun 1902.

Sebagai identitas visual, logo Athletic Bilbao telah diredesain lebih dari selusin kali sepanjang sejarah klub, tetapi hampir semua didasarkan pada simbol yang sama, yang mencerminkan nilai-nilai klub, loyalitas, dan semangat patriotik. Berikut Arti dan Sejarah Logo Athletic Bilbao.

sejarah logo Athletic Bilbao
Sejarah logo Athletic Bilbao

1901 — 1903

Logo Awal Athletic Bilbao, dirancang pada awal abad ke-20, menampilkan komposisi biru dan putih yang indah, dengan bola sepak bergaya tertutup dalam bingkai emas. Bola itu terbagi menjadi fragmen vertikal berwarna putih dan biru, dengan garis pemisah emas yang tipis.

Di pusat lambang, ada monogram “AC” yang elegan, singkatan dari “Athletic Club”, ditulis dalam font wishbone, dengan burung terbang skematis berwarna biru, ditempatkan di dalam huruf “C”.

Baca Juga:  Arti dan Sejarah Logo Real Madrid

1903 — 1910

Pada tahun 1903, desain elegan logo Athletic digantikan oleh modernitas, dan semua elemen emas dihilangkan dari logo. Monogram putih sekarang ditempatkan di atas lingkaran biru pekat dan tertutup dalam bingkai putih dan biru tebal, bagian luar yang diilustrasikan sebagai ikat pinggang, dengan bagian gespernya ditempatkan di bagian bawah logo.

1910 — 1912

Sebuah konsep logo yang sepenuhnya baru diperkenalkan pada tahun 1910 setelah pelatih klub kembali dari perjalanannya ke Inggris, di mana dia melihat seragam Southampton FC, dengan garis-garis putih dan merah, dan memutuskan untuk mengadopsi gaya tersebut untuk identitas visual Athletic.

Jadi, lambang sekarang menampilkan bendera yang berkibar dengan pola garis-garis horizontal merah dan putih, dan monogram “AC” yang berani berwarna merah, ditempatkan di sudut kiri atas bendera. Tiang bendera digambarkan berwarna emas.

1912 — 1922

Redesign tahun 1912 sedikit mengubah komposisi logo. Sekarang, senang tentang tiang bendera coklat “memeluk” bola sepak coklat. Monogram “AC” digambar ulang, dan sekarang “A” kecil ditempatkan di dalam “C” yang tebal dan masif. Huruf-huruf itu ditempatkan dalam warna putih di atas persegi merah pekat di sudut kiri atas bendera.

1917 — 1922

Prototipe lambang Athletic Bilbao saat ini diperkenalkan pada tahun 1917. Sejak saat itu, bentuk logo tidak pernah berubah, tetapi komposisi dan warna memiliki versi yang berbeda selama bertahun-tahun.

Hal menarik tentang logo Athletic dari tahun 1917 adalah bahwa terlihat persis seperti bendera nasional Amerika Serikat. Bagian kiri atas lambang menampilkan segmen segitiga dalam bingkai biru tebal yang dihiasi dengan delapan bintang putih berujung lima, dan bagian sisa lambang diwarnai dengan garis-garis merah dan putih.

Di dalam bingkai biru, ada gambar yang indah dalam warna-warna lembut dan terang, menggambarkan simbol-simbol utama Bilbao: Gereja St. Anton, Jembatan St. Anton, Pohon Guernica, dan dua serigala, ditempatkan satu di bawah yang lain.

Baca Juga:  Daftar 21 Pemain Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023

Adapun bagian bergaris-garis pada logo, hanya menampilkan monogram “AC” yang berani berwarna hitam, dengan huruf kapital yang saling terpilin dalam tipe huruf sans-serif yang tajam dan modern.

1922 — 1930

Redesign tahun 1922 memperkenalkan versi modern dari lambang Athletico dalam palet warna putih, merah, dan hitam. Lambang mendapatkan bingkai putih lebar, di mana sekarang “Athletic Club” ditulis di bagian atas, dan “Bilbao” — di bagian bawah.

Bagian segitiga dengan gereja, jembatan, serigala, dan ekornya kehilangan bingkainya, dan sekarang diatur dalam monokrom hitam-putih, sementara bagian bergaris-garis dari logo tetap tidak terubah, meskipun monogramnya hilang. Di bagian samping bingkai putih, ada dua silang X hitam.

1922 — 1936

Versi berwarna dari logo Athletic Club kembali pada tahun 1922, dan bingkai biru dengan bintang putih juga kembali. Meskipun lambang itu sendiri menjadi lebih sempit dan bagian bawahnya dibulatkan, monogram di bagian merah dan putih diperbesar dan sekarang diatur dalam dua huruf hitam yang halus dan saling terpilin.

1930

Konsep desain Athletic Bilbao direvisi pada tahun 1930. Lambang itu sempit dan tajam di bagian bawah, dengan tiga puncak di bagian atas, dan segitiga dengan simbol-simbol Bilbao berubah menjadi lingkaran, yang sekarang ditempatkan di tengah perisai. Tidak ada tulisan tambahan atau monogram yang hadir pada lambang, hanya garis tipis berwarna emas tua, yang meningkatkan rasa elegansi dan keanggunan.

1930 — 1941

Beberapa bulan kemudian, versi berwarna dari lambang yang dirancang pada tahun 1922 kembali sebagai logo utama klub Athletic Bilbao. Bagian bingkai dan bergaris tetap tidak terubah, tetapi simbol-simbol Bilbao dari segmen segitiga di sudut kiri atas lambang sekarang diatur dalam palet warna aslinya. Terlepas dari serigala, yang diatur dalam hitam. Versi logo ini tetap bersama klub selama lebih dari sepuluh tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA