Apa Itu Tendangan Bebas Langsung?

Tendangan bebas langsung adalah tendangan bebas yang dapat langsung digunakan untuk mencetak gol. 

Tendangan bebas adalah aspek krusial dalam sepak bola, tetapi aturan yang mengaturnya bisa membingungkan. Saat menonton pertandingan, banyak dari kita terbiasa dengan keputusan wasit sehingga sering kali kita menganggap remeh keputusan-keputusan tertentu.

Namun, bagi siapa pun yang ingin memahami sepenuhnya setiap elemen sepak bola, penting untuk mengetahui aturan mengenai tendangan bebas langsung dan tidak langsung.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan menguraikan hukum permainan terkait tendangan bebas. Kami akan membahas situasi kapan tendangan bebas langsung dan tidak langsung diberikan dalam suatu pertandingan, menjelaskan perbedaan utama di antara keduanya dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan wasit.

Selain itu, kami juga akan memberikan konteks lebih lanjut tentang peran wasit dalam sepak bola serta beberapa aturan penting lainnya yang mereka tegakkan di lapangan.

Apa Itu Tendangan Bebas Langsung?

James Ward-Prowse hampir memecahkan rekor David Beckham dengan mencetak 18 gol dari tendangan bebas di Liga Primer, berkat teknik menendang bola yang luar biasa dan kerja kerasnya di tempat latihan. Ini adalah pencapaian yang luar biasa dan menunjukkan betapa pentingnya tendangan bebas dalam sepak bola.

Namun, beberapa syarat harus dipenuhi agar seorang pemain yang berbakat secara teknis dapat melakukan tendangan bebas. Pertama, pelanggaran awal harus terjadi di lokasi yang menguntungkan. Yang lebih penting lagi, tendangan bebas tersebut harus langsung.

Tendangan bebas langsung adalah tendangan bebas yang dapat langsung digunakan untuk mencetak gol. Misalnya, saat tendangan bebas langsung dilakukan, pemain seperti David Beckham bisa menendang bola ke gawang dari posisi diam, dan setiap gol yang langsung tercipta akan sah menurut aturan.

Meskipun terdengar sederhana, sebenarnya, dalam sepak bola ada banyak situasi di mana pemain tidak diizinkan untuk menendang langsung dari tendangan bebas.

Baca Juga:  Apa itu Clean Sheet dalam Sepak Bola?

Pelanggaran Apa yang Menyebabkan Tendangan Bebas Langsung?

Selain cara pelaksanaannya, perbedaan utama antara tendangan bebas langsung dan tidak langsung adalah jenis pelanggaran yang menyebabkan tendangan bebas diberikan.

Tendangan bebas langsung diberikan untuk pelanggaran yang lebih serius dalam sepak bola; misalnya, pelanggaran handball akan berujung pada tendangan bebas langsung, begitu pula berbagai contoh pelanggaran lainnya. Jika seorang pemain melakukan salah satu pelanggaran berikut, tendangan bebas langsung akan diberikan:

  • Menendang atau mencoba menendang lawan
  • Menjegal atau mencoba menjegal lawan
  • Menyerang atau mencoba menyerang lawan
  • Mendorong lawan
  • Melakukan tekel pada lawan
  • Menyerang atau melompat ke arah lawan
  • Meludahi lawan
  • Menahan lawan

Pelanggaran terakhir yang perlu dicermati secara rinci yang berujung pada tendangan bebas langsung adalah pelanggaran handball. Aturan mengenai handball bisa jadi rumit, memicu banyak perdebatan di antara penggemar, pemain, dan pakar, tetapi yang jelas adalah bahwa tendangan bebas langsung akan diberikan saat handball dinyatakan oleh wasit.

Tendangan bebas selalu dilakukan dari tempat terjadinya pelanggaran, dengan bola diletakkan diam di tempat tersebut. Wasit akan menyatakan pelanggaran dengan mengarahkan lengannya ke depan ke arah tim yang memenangkan tendangan bebas.

Kami telah membahas bagaimana tendangan bebas langsung dapat dilakukan secara sah; namun, perlu dicatat bahwa jika, karena alasan apa pun (ini sangat jarang terjadi), tendangan bebas langsung ditendang langsung ke gawang tim sendiri, tim lawan akan diberikan tendangan sudut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU