7 Jenis Pertandingan Kompetisi Sepak Bola di Dunia

Tapi apa saja jenis pertandingan sepak bola kompetitif?

Pertandingan sepak bola kompetitif adalah alasan utama mengapa kita mengikuti olahraga indah ini; para pendukung hadir untuk menyaksikan semua drama dan gairah yang dihadirkan oleh final Liga Champions, bentrokan Piala Dunia, dan pertempuran besar di puncak Liga Primer atau La Liga.

1. Pertandingan Liga

Ini adalah makanan pokok bagi para pendukung sepak bola di seluruh dunia. Jika Anda tertarik pada sepak bola, kemungkinan besar Anda memiliki tim yang Anda ikuti setiap minggu, baik itu klub lokal yang telah didukung keluarga Anda selama beberapa generasi, atau tim di bagian dunia yang berbeda yang Anda ikuti melalui TV atau media sosial.

Selama sebagian besar tahun kalender, klub sepak bola akan bersaing dalam kompetisi liga domestik yang diorganisir oleh asosiasi sepak bola nasional mereka. Apakah itu Liga Primer, Serie A, La Liga, MLS, atau Liga Pro Saudi, tujuannya sederhana: kumpulkan poin dengan mengalahkan tim-tim lain di divisi Anda (atau mendapatkan hasil imbang) dalam pertandingan liga.

2. Pertandingan Play-off Liga

Beberapa liga juga menampilkan kompetisi mini play-off di akhir musim; misalnya, di akhir musim EFL Championship, tim-tim yang finis antara peringkat 3 dan 6 akan masuk ke dalam format play-off untuk menentukan siapa yang akan dipromosikan ke Liga Primer. Ini berada di luar wilayah musim liga reguler, tetapi tetap merupakan format kompetitif dengan taruhan besar.

3. Pertandingan Piala Domestik

Bersamaan dengan berlangsungnya musim liga domestik, sebagian besar negara akan memiliki setidaknya satu kompetisi piala domestik yang akan melihat tim-tim dari seluruh sepak bola bersaing satu sama lain dalam format sistem gugur. Di Inggris dan Wales, kompetisi piala domestik utama adalah Piala FA.

Baca Juga:  Jenis Angkatan dalam Olaraga Angkat Besi & Penjelasannya

4. Pertandingan Piala Kontinental

Klub-klub terbaik di setiap negara juga mendapatkan kesempatan untuk bermain di kompetisi piala kontinental seperti Liga Champions UEFA, Liga Europa, Liga Konferensi Europa, atau Copa Libertadores. Kompetisi-kompetisi ini akan diperuntukkan bagi tim-tim paling sukses di setiap benua.

5. Pertandingan Piala Antar-Benua

Setiap musim, klub-klub terbaik dari setiap benua — yang ditentukan oleh kompetisi piala kontinental mereka masing-masing — juga akan ikut serta dalam turnamen antar-benua khusus untuk menobatkan juara dunia. Format ini disebut Piala Dunia Antarklub.

6. Pertandingan Kualifikasi Internasional

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, tim-tim internasional secara teratur memainkan pertandingan persahabatan menjelang turnamen besar.

Tetapi pertandingan terpenting selama periode ini adalah pertandingan kualifikasi internasional yang mereka mainkan; pertandingan ini akan melihat tim-tim nasional bertanding satu sama lain dalam grup berbasis benua, dengan tim-tim yang menempati peringkat tertinggi di setiap grup pada akhirnya lolos ke turnamen mendatang.

7. Pertandingan Turnamen Internasional

Setelah berhasil lolos, tim-tim nasional kemudian bertarung di kompetisi yang bisa dibilang paling bergengsi dalam sepak bola dunia: Piala Dunia. Mewakili negara di tingkat ini adalah kehormatan besar, dan akan dilihat oleh banyak pemain sebagai puncak karir mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU