Peraturan Permainan Softball yang Wajib Kamu Ketahui

Softball adalah salah satu jenis olahraga yang kurang populer di Indonesia. Tapi bukan berarti tidak ada peminatnya lho! Mungkin kamu salah satunya.

Softball adalah salah satu cabang olahraga yang memiliki kesamaan dengan permainan bola kasti. Dalam artikel ini, akan dijelaskan Peraturan Permainan Softball.

Softball adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan aturan dan teknik dasar tertentu. Permainan ini menekankan keahlian memukul untuk mencetak poin maksimal, dan diperlukan kemampuan yang mumpuni untuk menghasilkan pukulan yang baik.

Sejarah softball mencakup perkembangan permainan ini dari waktu ke waktu. Dalam buku “Softball Steps to Success” yang ditulis oleh Diane L. Potter, dijelaskan bahwa softball adalah permainan yang menyenangkan tetapi memerlukan keterampilan kompleks. Setiap pemain disarankan untuk berlatih secara konsisten agar kemampuan memukul dapat berkembang dengan baik.

Peraturan Permainan Softball

Berikut adalah kutipan peraturan permainan softball yang diambil dari Tutorials Point:

  1. Setiap tim yang bermain terdiri dari 9 orang.
  2. Setiap tim membuat satu pukulan di setiap babak sebelum kedua tim bertukar posisi.
  3. Tim fielding terdiri dari pelempar, penangkap bola, pemain di base pertama, kedua, dan ketiga, tiga infielder, dan shortstop. Sebelum melempar, pelempar atau pitcher harus berdiri kokoh di tanah dan salah satu atau kedua kakinya harus menyentuh pelat pelempar.
  4. Pelempar tidak diperbolehkan menghentikan atau memantulkan bola dalam posisi melempar karena dapat menghalangi batter untuk memukul bola.
  5. Pelempar tidak boleh menggunakan selotip apa pun pada bola. Untuk mengeringkan tangan bisa menggunakan resin bubuk di bawah pengawasan wasit.
  6. Tim pemukul harus memukul dalam urutan yang diberikan dalam daftar pencetak angka.
  7. Permainan softball pada saat sesudah memukul maka pelari harus menuju ke arah base 1, lalu base 2, base 3, dan home base untuk mencetak angka.
  8. Jika seorang pemain berperilaku buruk dengan wasit, maka pemain tersebut dikeluarkan dari permainan.
  9. Pertandingan penuh terdiri dari tujuh babak atau tujuh inning. Pengertian satu inning adalah setiap regu bermain 1 kali giliran memukul dan 1 kali menjadi regu penjaga.
  10. Berakhirnya permainan softball ataupun baseball ditentukan oleh:
    • Sebuah tim unggul dengan 20 run (angka) di babak ketiga
    • Sebuah tim unggul dengan 15 run (angka) di babak keempat
    • Sebuah tim unggul dengan 10 run di babak kelima
  11. Angka atau run dihasilkan dari seorang runner berlari menginjak semua marka secara berurutan dan kembali menginjak home plate.
  12. Setiap tim mendapat giliran memukul sampai 3 kali out dan mematikan tim lawan 3 kali out, disebut 1 inning.
  13. Setiap tim harus menyediakan pencatat skor atau angka.
Baca Juga:  Satu Tim Dalam Permainan Bola Basket Terdiri Atas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA