5 Tips Gym Pemula Agar Mendapatkan Hasil Maksimal

Pemilihan beban yang benar tidak hanya dianjurkan untuk pemula saja, melainkan ke semua kalangan. Olahragawan sekalipun dapat terkena cedera yang cukup serius jika salah memilih beban, terlebih beban yang terlalu berat melebihi kapasitasnya.

5 tips gym pemula yang bisa jadi referensi. Tren gaya hidup sehat kian diminati. Selain mengatur pola makan, olah raga menjadi salah satu aktivitas yang kian popular. Berbagai tempat olah raga pun kian menjamur mengikuti tren masyarakat yang semakin peduli dengan kesehatan, tak terkecuali gym atau fitness.

Tak hanya masalah kesehatan, banyak orang yang pergi ke tempat gym untuk memiliki badan ideal. Namun banyak dari mereka yang melakukan kesalahan saat latihan di tempat gym, terutama para pemula yang baru memulai aktifivitas di tempat tersebut. Berikut 5 tips gym pemula yang untuk kamu yang baru mulai gym di pusat kebugaran.

  • Menentukan Beban

Menentukan beban yang sesuai tentu sangat penting, terutama untuk pemula. Beban yang terlalu berat bisa berakibat fatal buat pemula. Alih-alih mendapatkan badan yang ideal, yang terjadi justru sebaliknya.

Beban yang tidak sesuai bisa menimbulkan cedera. Sebaliknya, jika beban yang digunakan terlalu ringan juga tidak akan menghasilkan perubahan yang signifikan saat Latihan.

Pemilihan beban yang benar tidak hanya dianjurkan untuk pemula saja, melainkan ke semua kalangan. Olahragawan sekalipun dapat terkena cedera yang cukup serius jika salah memilih beban, terlebih beban yang terlalu berat melebihi kapasitasnya.

  • Tidak Mengandalkan Suplemen

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal adalah dengan latihan beban. Meski demikian, banyak salah kaprah dalam hal mendapatkan tubuh ideal, terutama pemula. Tak jarang pemula membeli suplemen yang cukup mahal untuk mendapatkan beban yang ideal tanpa fokus dengan latihan beban.

Suplemen sendiri hanyalah tambahan atau pelengkap. Bukan faktor yang menentukan badan ideal. Suplemen diperlukan apabila tidak dapat memenuhi asupan gizi dari makanan yang kita konsumsi, bukan minuman pembentuk otot.

Baca Juga:  Sejarah Panjat Tebing sebagai Olahraga Ekstrim

Latihan fisik adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan badan yang ideal. Perubahan pada tubuh akan terlihat seiring dengan latihan beban yang dilakukan.

  • Tidak Mengikuti Program Latihan Binaraga

Binaraga memiliki dedikasi yang tinggi pada latihan beban. Binaraga sudah melakukan Latihan cukup lama. Hal ini membuat mereka bisa mengangkat beban yang lebih dari orang yang baru mulai latihan gym. Pola latihan yang mereka lakukan pun tentunya akan sangat berbeda dengan pemula.

Setiap program latihan akan sangat berbeda untuk setiap orang. Satu program latihan mungkin saja cocok dengan satu orang namun bukan berarti cocok dengan orang lainnya. Bagi pemula sangat tidak dianjurkan untuk mengikuti pola latihan binaraga karena dapat menimbulkan cedera. Selain itu tubuh pemula pun masih belum siap untuk latihan tersebut.

  • Tidak Fokus Pada Repetisi dan Beban

Banyak yang beranggapan bahwa jumlah repetisi dan set saat latihan bisa mempercepat pembentukan tubuh yang ideal, terutama untuk pemula. Banyak para pemula berpikir bahwa apabila semakin banyak repetisi dan set, makan tubuh mereka akan semakin cepat menjadi ideal.

Hal ini banyak dilakukan para pemula gym saat latihan. Mereka melakukan latihan dengan banyak set dan repetisi tanpa memperhatikan pola gerakan. Alhasil, latihan yang mereka lakukan tidak memiliki dampak yang cukup signifikan. Bukannya mendapatkan hasil maksimal dengan program latihan yang ada, yang terjadi justru sebaliknya. Jika pola latihan seperti ini terus dilakukan, maka bisa menimbulkan cedera.

  • Menyewa Jasa Personal Trainer

Jika ingin mendapatkan program latihan yang sesuai ada baiknya menyewa jasa personal trainer. Menyewa jasa personal trainer merupakan investasi terbaik, terutama bagi pemula yang baru melakukan latihan di gym. Personal trainer memiliki ilmu pengetahuan tentang pola latihan yang sesuai.

Baca Juga:  Mulai Euro 2024, Hanya Kapten Tim yang Boleh Protes Keputusan Wasit!

Meski harus mengeluarkan biaya tambahan, namun pemula sebaiknya mencoba menyewa jasa personal trainer untuk menghindari cedera dan sesuatu yang tidak diinginkan. Selain itu, dengan menyewa jasa personal trainer yang sudah terlatih juga bisa membantu para pemula untuk menentukan program latihan yang sesuai dan hasilnya pun bisa lebih maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU