Semifinal Euro 2024: Semua yang Perlu Anda Ketahui Menjelang Laga Spanyol vs Prancis

Prancis yang kesulitan mencetak gol akan berusaha membungkam para kritikus saat menghadapi Spanyol dalam pertandingan semifinal Euro 2024 di Munich. Sementara itu, Spanyol berharap dapat mempertahankan performa impresif mereka meski tanpa beberapa pemain kunci.

Spanyol vs Prancis, dua raksasa sepak bola Eropa, akan bertemu dalam pertandingan semifinal yang sangat dinantikan, mempertemukan favorit saat ini dengan favorit pra-turnamen.

Kylian Mbappe yang karismatik akan memimpin lini depan Prancis, sementara pemain sayap muda yang menjanjikan, Lamine Yamal, juga menarik perhatian. Namun, performa Prancis mulai menurun, meskipun mereka diharapkan mampu menyapu bersih semua lawan.

Spanyol, satu-satunya tim dengan rekor 100 persen di Euro 2024, berada di posisi teratas dalam jumlah gol (11), total percobaan (102), dan bola yang berhasil diambil kembali (230), menunjukkan mengapa mereka sekarang menjadi favorit untuk mengangkat trofi.

Kritik telah dilontarkan kepada Prancis atas serangkaian penampilan yang tidak mengesankan, termasuk melaju ke empat besar tanpa mencetak gol dalam permainan terbuka.

Meskipun mencapai final dua Piala Dunia terakhir, menang di Rusia tahun 2018, dan hanya kalah adu penalti dari Argentina di Qatar tahun 2022, rekor Prancis di Piala Eropa di bawah asuhan pelatih Didier Deschamps kurang mengesankan. Dalam 12 tahun, hasil terbaik mereka adalah menjadi runner-up pada tahun 2016 di kandang sendiri.

Di perempat final, Prancis menang tipis atas Portugal lewat adu penalti, di mana Mbappe diganti setelah pertandingan lain dengan lebih banyak waktu dihabiskan untuk mengutak-atik topengnya daripada mengancam gawang lawan.

Performa Mbappe setelah mengalami patah hidung di laga pembuka Prancis, serta performa penyerang Antoine Griezmann, tetap menjadi tanda tanya besar menjelang pertandingan melawan Spanyol, yang menyingkirkan tuan rumah Jerman dengan gol di perpanjangan waktu.

“Saya tidak peduli dengan kritik,” kata gelandang Youssouf Fofana dalam konferensi pers pada hari Minggu. “Kami adalah semifinalis. Ada pertanyaan tentang level Antoine dan Kylian? Kami harus menyadari bahwa itu sudah cukup untuk masuk semifinal. Jadi saya tidak melihat alasan mengapa kami harus mengkritik.”

Baca Juga:  Lolos ke Babak Final, Yordania Mencatat Sejarah Usai Libas Korea Selatan 2-0

Bisakah Spanyol unggul bahkan tanpa pemain kunci?

Berbeda dengan Prancis, Spanyol sedang dalam performa impresif dengan lima kemenangan beruntun, meskipun harus kehilangan beberapa pemain kunci di semifinal. Gelandang Pedri absen selama sisa turnamen karena cedera lutut yang dialaminya di perempat final, sementara bek Robin Le Normand dan Dani Carvajal diskors.

Pada laga semifinal, Nacho akan bermain sebagai bek tengah bersama Aymeric Laporte, dan bek sayap berusia 38 tahun, Jesus Navas, akan mengisi posisi di lini pertahanan. Navas adalah pemain terakhir dari generasi emas Spanyol yang memenangkan Piala Dunia 2010 serta gelar juara berturut-turut di Euro 2008 dan 2012.

Navas akan berbagi posisi di sisi kanan dengan pemain sayap berusia 16 tahun, Yamal, yang telah menjadi salah satu pemain kunci di Piala Eropa sejauh ini. Bintang Barcelona ini secara konsisten merepotkan pertahanan lawan bersama dengan Nico Williams, pemain berusia 21 tahun yang lebih berpengalaman.

Tim Spanyol ini merupakan perpaduan antara pengalaman mendalam dan bakat muda yang telah berkembang di bawah bimbingan pelatih Luis de la Fuente.

“Ini adalah tim nasional milik semua orang. Persatuan adalah kekuatan, dan jika kita semua terus maju ke arah yang sama, kita dapat mencapai tujuan kita. Jika kita terhubung dengan para penggemar kita, maka saya akan sangat senang untuk berperan dalam membangkitkan antusiasme,” kata de la Fuente kepada wartawan.

Pemenang pertandingan ini akan menghadapi Inggris atau Belanda di final pada 14 Juli.

Fakta menarik

Spanyol adalah satu-satunya tim yang memenangkan kelima pertandingan di Euro 2024 – tetapi tidak ada tim yang pernah menang enam kali berturut-turut di pertandingan Kejuaraan Sepak Bola Eropa.

Baca Juga:  Denmark vs Inggris - Prediksi, Berita Tim, Susunan Pemain

Peringkat FIFA:

Spanyol (8), Prancis (2)

Rekor pertemuan langsung:

36 pertandingan:

  • 16 kemenangan untuk Spanyol
  • 13 untuk Prancis
  • 7 seri

Lima pertandingan terakhir:

Spanyol : WWWWW
Prancis : DWDDW

Kemungkinan susunan pemain:

Spanyol: Unai Simon: Navas, Nacho, Laporte, Cucurella; Olmo, Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Morata, Williams
Diskors: Carvajal, Le Normand

Prancis: Maignan; Kounde, Saliba, Upamecano, Hernandez; Kante, Tchouameni, Camavinga, Griezmann; Kolo Muani, Mbappe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU