Semifinal Euro 2024: Semua yang Perlu Anda Ketahui Menjelang Laga Belanda vs Inggris

Jalan menuju empat besar Euro 2024 penuh liku-liku bagi Belanda dan Inggris. Kilasan kecemerlangan dalam pertarungan semifinal mereka mungkin cukup bagi salah satu pihak untuk mencapai final Euro 2024.

Inggris akan mengincar final Euro kedua berturut-turut saat menghadapi Belanda dalam pertandingan semifinal pada hari Rabu di Dortmund. Namun, untuk meraih kemenangan di edisi 2024, mereka mungkin memerlukan inspirasi setelah penampilan yang membosankan sejauh ini.

Kemenangan adu penalti di perempat final atas Swiss membawa euforia sesaat bagi Inggris, tetapi lebih merupakan kelegaan daripada penebusan. Setelah penampilan yang kurang meyakinkan, Inggris mungkin memerlukan transformasi dalam serangan untuk mencapai final turnamen besar ketiga mereka, di mana Prancis atau Spanyol akan menunggu.

Tim asuhan Gareth Southgate tertatih-tatih ke empat besar dengan penampilan yang kurang meyakinkan melawan lawan yang seharusnya mereka kalahkan dengan mudah di atas kertas.

“Ini adalah ajang nasional dengan tekanan besar, dengan banyak pemain muda di dalamnya. Tim kami telah berada di bawah tekanan besar sejak awal. Mereka bermain dengan sangat baik,” kata Southgate. “Kami tidak mampu mencetak banyak gol saat ini. Namun, kami telah menghadapi tiga tim yang bermain dengan formasi lima bek, pertahanan yang sangat terorganisir.”

Sementara itu, Belanda mengalami naik turun dan hanya berjarak 20 menit dari eliminasi sebelum bangkit melawan Turki di babak delapan besar.

Belanda sudah terbiasa berjuang, namun tertinggal dalam tiga dari empat pertandingan yang menghasilkan gol. Namun, tiga kemenangan mereka diraih di waktu normal, dibandingkan dengan satu kemenangan Inggris.

Belanda juga unggul dalam hal penyerangan, dengan sembilan gol mereka di Euro 2024 berasal dari 20 percobaan tepat sasaran dibandingkan dengan 15 percobaan Inggris yang dipelopori oleh Harry Kane, Phil Foden, dan Jude Bellingham, yang biasanya mematikan tetapi saat ini tidak berdaya.

Belanda akan mengandalkan pencetak gol terbanyak bersama di turnamen itu, Cody Gakpo, untuk merepotkan pertahanan Inggris yang solid, kontras dengan serangan mereka yang lesu.

Baca Juga:  Prediksi Albania vs Spanyol Grup B Euro 2024

Meskipun kemajuan Inggris tampak mengejutkan mengingat gaya sepak bola mereka, mereka terap jadi salah satu favorit juara.

Namun, penampilan Belanda tidak terduga. Mereka akan bermain di semifinal Kejuaraan Sepak Bola Eropa untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, mengincar final pertama mereka sejak kemenangan di Euro 1988, satu-satunya kesuksesan turnamen besar mereka.

Pelatih Belanda Ronald Koeman harus membalas para pakar yang mempertanyakan komitmen timnya, dengan mengatakan para pemainnya menunjukkan semangat besar saat bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Turki.

“Kami harus berjuang untuk memenangkan semifinal,” kata Koeman. “Ini akan menjadi malam yang hebat pada hari Rabu antara dua negara besar dalam sejarah. Inggris memiliki pemain yang bagus, tetapi kami juga.”

Secara historis, Belanda lebih sukses dalam pertemuan mereka, mengalahkan Inggris 3-1 dalam perpanjangan waktu pada pertemuan terakhir mereka pada tahun 2019 di semifinal Liga Bangsa-Bangsa UEFA.

Inggris hanya menang satu kali dari sembilan pertemuan terakhirnya dengan Belanda di semua kompetisi (S4 K4), memenangkan pertandingan persahabatan 1-0 di Amsterdam pada tahun 2018.

Kemenangan terkenal mereka, dan yang terakhir sebelum itu, terjadi di Euro 96 ketika tim asuhan Terry Venables mengalahkan pemain-pemain seperti Dennis Bergkamp dan Clarence Seedorf dengan kemenangan gemilang 4-1 di babak penyisihan grup. Alan Shearer dan Teddy Sheringham masing-masing mencetak dua gol, sementara Patrick Kluivert muda mencetak gol hiburan bagi tim Belanda asuhan Guus Hiddink.

Pengaruh Liga Primer

Seperti pada masa Bergkamp, ​​pengaruh Liga Premier Inggris masih kuat di kedua belah pihak, yang menurut bek Belanda Micky van de Ven dapat memastikan semifinal yang menarik.

Sebagian besar pemain skuad Inggris berlaga di kandang sendiri, sedangkan dari 26 pemain skuad Belanda di turnamen ini, tujuh di antaranya berasal dari klub Liga Premier.

Baca Juga:  5 Final Terbaik Sepanjang Sejarah Euro UEFA

“Jika Anda melihat kualitas pemain dari kedua tim, saya rasa Anda dapat memperkirakan bahwa level dan ritme permainan akan sangat tinggi,” kata Van de Ven, yang bermain untuk Tottenham Hotspur, dalam konferensi pers pada hari Senin.

“Semoga saja, kami yang akan lebih banyak menguasai bola daripada Inggris sehingga Inggris yang akan berlari, tetapi saya perkirakan pertandingan ini akan berlangsung dengan intensitas tinggi.”

Peringkat FIFA:

Belanda (7), Inggris (5)

Rekor pertemuan langsung:

22 permainan:

  • 7 kemenangan untuk Belanda
  • 6 untuk Inggris
  • 9 seri

Lima pertandingan terakhir:

  • Belanda: WWLDW
  • Inggris: DWDDW

Kemungkinan susunan pemain:

Belanda : Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Ake; Schouten, Simons, Reijnders; Malen, Depay, Gakpo

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Guehi; Saka, Mainoo, Rice, Shaw; Bellingham, Foden; Kane

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU