Raih Gelar Juara, Jannik Sinner Sukses Patahkan Dominasi Petenis No 1 Dunia di Australian Open 2024  

Dominasi petenis peringkat satu dunia, Novak Djokovic berhasil dipatahkan. Bahkan, langkahnya dalam ajang grand slam tersebut langsung dihentikan oleh petenis asal Italia, Jannik Sinner yang sekaligus meraih gelar juara pertamanya di Australian Open 2024.

Jannik Sinner sukses meraih gelar juara Australian Open 2024. Atlet tenis asal Italia berhasil meraih gelar juara usai mengalahkan Daniil Medvedev di babak final Australian Open 2024 yang berlangsung di Melbourne Park pada Minggu (28/1).

Dalam pertarungan di babak final itu, Jannik Sinner berhasil unggul atas petenis Rusia Daniil Medvedev dengan skor 3-6, 2-6, 6-4, 6-4, 6-3. Sebelumnya, Jannik Sinner juga berhasil menyingkirkan petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic di babak semifinal.

Dengan kemenangan tersebut, petenis asal Italia itu berhasil memutus dominasi petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic dalam ajang turnamen grand slam. Sebelumnya, dalam kejuaraan tenis grand slam Australian Open, Novak Djokovic berhasil meraih sembilan gelar juara dari 13 edisi yang sudah berlangsung.

Pada kejuaraan tenis Australian Open 2024 kali ini, dominasi petenis peringkat satu dunia itu berhasil dipatahkan. Bahkan, langkahnya dalam ajang grand slam tersebut langsung dihentikan oleh petenis asal Italia, Jannik Sinner yang sekaligus meraih gelar juara pertamanya di Australian Open 2024.

Profil Jannik Sinner

Sinner dibesarkan di Italia utara di wilayah Tyrol Selatan. Semasa kecilnya, Jannik Sinner gemar bermain ski, sepak bola dan tenis. Pada usia delapan tahun, ia pernah memenangkan kejuaraan ski nasional.

Ia mulai fokus ke tenis pada usia 13 tahun. Saat itu, Jannik Sinner pindah ke Riviera untuk berlatih tenis dengan pelatih veteran Riccardo Piatti. Kemudian pada usia 16 tahun, Sinner mulai bermain di turnamen tenis profesional. Pada usia 17 tahun, ia berhasil memenangkan gelar Tour ATP Challenger.

Dia memenangkan ATP Newcomer of the Year pada tahun 2019. Gelar tersebut berhasil didapatkan Sinner usai menembus 100 besar, mencapai semifinal ATP pertama dan memenangkan Final ATP Next Generation di Milan.

Baca Juga:  Jadwal Australia Open 2024, Lengkap dari Kategori Tunggal hingga Ganda Campuran

Sebelumnya, petenis profesional asal Italia itu pernah meraih peringkat tertinggi dunia oleh Association of Tennis Professionals (ATP). Dalam peringkat tersebut, ia menempati posisi nomor delapan dunia kategori tunggal. Posisi tersebut berhasil ia raih pada 10 April 2023 lalu.

Sementara pada kategori ganda, petenis kelahiran 16 Agustus 2001 itu berada diurutan nomor 124. Peringkat tersebut ia raih pada 27 September 2021. Selain itu, Sinner telah memenangkan tujuh gelar ATP, pada nomor tunggal dan satu pada nomor ganda. Bahkan, ia pernah dinobatkan sebagai pemegang juara ATP termuda sejak 2008 usai memenangkan Sofia Open 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA